ESQ training

Dua minggu lalu saya ikut training ESQ. Walau trainingnya sabtu n minggu full dari jam setengah 8 pagi sampe abis buka puasa, tapi I did admit it was an eye-opening experience, in my case, it raise my spirituality level to God, Allah SWT..

Training ini ngajarin bahwa ada 3 level kecerdasan manusia, intelektual, emosi dan spiritual. Yang paling mengena hati dan jleb2 bgt adalah sesi penyampaian materi spiritualnya. Walau pak Arry Ginandjar menyatakan ESQ bukan lembaga dakwah dan training terbuka bagi agama mana saja, but the material of spiritual conscience delivered mostly ayat dan hadits. Sejarah penciptaan langit dan bumi dibawakan dalam ruangan gelap diiringi narasi plus layar2 gede di ruangan.

Alkisah beberapa ilmuwan dari berabad lalu berteori ttg bumi, ada yg bilang bumi itu pusat tata edar, bumi itu bulat, sampai fast forward ke abad 21 kita disuguhi teori bigbang, yang mana teori ini berkata bahwa dahulu dari sebuah benda tunggal terjadilah ledakan mahadahsyat dan terjadilah alam semesta. Teori itu adl teori terakhir yang manusia tahu. Tapi tahukah kau, duluuu abad 6 Masehi, seseorang mulia, menyampaikan bahwa :

Al Anbiya ayat 30
Dan apakah orang-orang kafir tidak mengetahui bahwasanya langit dan bumi itu keduanya dahulu adalah suatu yang padu, kemudian Kami pisahkan antara keduanya. Dan dari air Kami jadikan segala sesuatu yang hidup. Maka mengapakah mereka tiada juga beriman?”

Dialah nabi kita Muhammad SAW. Subhanallah, hari ini kita saksikan kebenaran ayat tersebut. Bukankah itu membuktikan bahwa Allah SWT benar menciptakan langit dan bumi lewat kuasaNya? Bisakah kita membayangkan betapa sulit nya perjuangan Nabi kita menyampaikan ayat tersebut kpd umatnya? 1500 tahun kemudian terbuktilah ayat tersebut dan kita adl saksinya...Subhanallah

Ilmu pengetahuan dan teknologi membuktikan bahwa sesungguhnya bumi merupakan salah satu planet di galaksi. Dan ternyata ditemukan ribuaan galaksi tersebar diseluruh jagat raya. Galaksi ini begerak memutar mengelilingi pusatnya. Gambar galaksi berputar ini identik dgn gambar thawaf mengelilingi Kabah. Subhanallah.. Dan tahukah kamu sampai dgn bagian terkecil dr sel tubuh kita, berupa elektron2 yg bergerak mengelilingi inti atom!

Ternyata apa yg ada di langit dan bumi sesungguhnya bertasbih pada Allah, spt firmannya:

Al Isra ayat 44

Langit yang tujuh, bumi dan semua yang ada di dalamnya bertasbih kepada Allah. Dan tak ada suatu pun melainkan bertasbih dengan memuji-Nya, tetapi kamu sekalian tidak mengerti tasbih mereka.  Sesungguhnya Dia adalah Maha Penyantun lagi Maha Pengampun.

Pemaparan ini bikin peserta,apalagi saya, tercengang. Sedemikian hebat kuasa Allah menciptakan langit bumi dan isinya juga manusia sbg khalifah di bumi. Mengapa kita yang kecil ini begitu sombong, masih saja lalai mengerjakan perintahNya. Semua teringat dosa masing2. Semua menitikkan airmata, pun saya..menangis dlm gelapnya ruangan.

Ya Allah berilah kami kesempatan dalam sisa umur kami utk beribadah kepadaMu. Berikan keselamatan bagi junjungan kami Nabi Muhammad SAW yg tiada henti berjuang demi umatnya.

Begitu istimewanya ramadhan ini saya lalui. Pencerahan yg saya peroleh lwt training ini Insya Allah tdk akan sy lupakan. Satu doa saya panjatkan agar saya diundang Allah ke baitullah, merasakan titik nol perjalanan spiritual,  mencurahkan doa saya di dpn Kabah. Semoga kita semua menjadi hamba yg lebih baik. Amiin.

Oya sbg penutup, ini ada link lagu yg dinyanyikan ketika training ESQ. Sebenarnya lirik lagu ini adl terjemah surat As Syams 1 sd 11..indah sekali...Subhanallah

Watch "Demi Matahari ESQ" on YouTube

Previous
Next Post »
0 Komentar