Taking care of anak SD :)

Punya anak yang udah SD bikin saya harus mengerahkan ekstra usaha dan tenaga. Ya dong, saya harus lebih care sama dia, ya urusan sekolah, lesnya dia sama kesehariannya dia.

Baru juga 4 hari sekolah, saya merasa punya rutinitas baru sepulang bekerja.

Biasanya:
1. ngecek isi tasnya
Saya liat bukunya. Apa si yang dikerjakan di sekolah hari ini. Sekarang saya parno nih ama tulisan anak saya yg gede2 ga beraturan, jadi sekarang saya latih dia nulis. Sederhana sih, saya sodorin buku cerita Thomasnya dia, suruh dia nulis satu paragraf aja. Mudah2an kalo sering berlatih tulisannya jadi lebih rapi.

2. Mengajari dia iqro
Semenjak pindah ke bekasi setahun lalu, anak saya belum saya ikutkan mengaji. Sudah ada planning sih mau ikut ngaji di mesjid deket rumah cuma saya lg nunggu masa adaptasi sekolahnya dulu. Sekarang saya yg rutin ajari dia iqro. Alhamdulillah udah iqro 4 :) *bakat jd nguru ngaji hehehe

3. Nemenin dia ngerjain worksheet kumon
Kumon itu ngajarin anak disiplin. Tiap hari anak dibekali worksheet yg hrs dikerjain. Tugas kita ya memotivasi dia dan mantau dia mengerjakan pe ernya. Pernah si anak saya bilang malas sesekali, tapi Alhamdulillah masi bisa dibilangin biar ga malas. Mungkin guru Kumonnya notice kali ya anak saya waktu itu lebih lambat ngerjain soal entah krn males atau bosen, akhirnya worksheetnya dikurangi lembarannya biar lebih ringan ngerjainnya.

4. Ajak ngobrol
Yang sederhana aja si, apa kegiatan dia sekolah, gimana td di jemputan..

Ke depan saya lagi bingung mo ngasih dia les enrichment apa lagi. Maunya si ngelesin dia musik, tapi nanti dulu lah nunggu dia settle adaptasi SD.

Intinya jadi ibu *walo bekerja* literally tetep punya beban untuk ngedidik anak yang baik. Seperti yang dikatakan orang, ibu adalah madrasah pertama bagi anak2nya. Jadi secapek apapun kita, di rumah anak2 tetap jadi urusan dan tanggung jawab kita..

Previous
Next Post »
0 Komentar