Masuk SD

Alhamdulillah, anak saya yang besar sudah lulus TK B dan sekarang mau masuk SD.
Awalnya cukup pusing juga cari sekolah, dari akhir tahun kemarin udah sibuk mantengin thread school's cool di fd, terus pernah juga duluu banget pas anak masih TK A saya ngeprint list SD negeri serta akreditasinya..rempoong...

Concern saya adalah apakah SD yang saya pilih nanti bisa maksimal dalam membentuk pola pikir, kepribadian, kemandirian, kedewasaan, ahlak dan budi pekerti si anak. Biaya juga penting sih, harusnya affordable dan sometimes kalo dipikir2 biaya yang kita keluarkan akan berbanding lurus dengan lifestyle si anak nanti dari sisi material, saya ga mau kalo si anak tiba2 merengek minta barang mahal hanya gara2 anak anak disekolahnya pakai barang itu.

Awalnya juga saya tertarik sama SDIt, tapi cari SDIT bagus ya kok mahal bener yaaa, masih mampu sih tapi saya ga mau memaksakan diri ah, selain krn alasan diatas tadi, saya masi mau nambah anak sih dan pastinya biaya akan membengkak kalo semua anak2 saya nanti sekolah di tpt mahal hehe..

Oya TK B kemarin kok saya kurang sreg ya sama sistemnya. Guru2nya pelit nilai, masak si anak2 TK sering dikasi nilai B-, C. . Aduh gimana anak mau termotivasi kalau dikasi nilai begitu, jangan2 pelit pujian juga. Beda dengan TK A sebelumnya, standar nilai mereka adalah very good dan good, lebih bisa memotivasi anak kan..

Oke, dari situ kita harus jeli liat sistem sekolahnya. Apakah SD negeri bisa maksimal ya untuk mengembangkan psikologi si anak? Kalau lihat jumlah muridnya kayaknya sulit ya..apalagi dgn sistem pengajaran konvensional, guru berbicara anak mendengar, bisa kurang deh kreativitas si anak.

Berarti nih jelas sekali kan kalau saya concern banget mengenai sekolah yang care sama perkembangan psikologi anak. Akhir tahun kemarin ga sengaja saya lihat spanduk SD swasta di bekasi, saya datangi lalu saya survey beberapa orang tua murid disana. Katanya guru2nya care, lalu anak mereka jadi lebih berani. SDnya satu lokasi dengan TK dan play group dan ada play ground segede lapangan bola. Saya pikir playground segede ini nunjukin betapa sekolah menghargai masa2 bermain si anak ya (terutama masa TK dan playgroup), anak SD kelas1 masih bisa si main di playground ini.

Sistem belajarnya bilingual untuk math dan science. Lumayan yah mengurangi biaya tambahan les inggris diluar. Sekarang sih anak saya rutin ikut Kumon dan Alhamdulillah bagus hasilnya. Untuk urusan ngaji, saya yang ngajarin dia, target Iqro 6, skrg masih iqro 4. Kalau sdh masuk Sd nanti dia akan saya ikutkan pengajian dekat rumah sore harinya.

Haduuh rempong sekali urusan sekolah anak ya. Itu baru satu anak, belum anak selanjutnya looh..*kencangkan ikat pinggang*

Previous
Next Post »
0 Komentar